Minggu, 10 Juni 2012

Cara Mengaktifkan A2SD gui

1. Masuk ke CWM Recovery (tekan tombol power+home) dan pilih advanced.
2. Disini saya menggunakan memori 2 GB. Pilih partition sd card, masukkan kapasitas untuk partisi yang berformat ext (saya memilih 512). Selanjutnya muncul pengaturan kapasitas swap (saya memilih 128). Tunggu hingga proses partisi selesai dan muncul pesan partition completed. Jadi tersisa ruang sekitar 1 GB untuk menyimpan file-file musik maupun gambar.
3. Masih di mode CWM Recovery, masuk ke mount & storage > format /sd-ext, partisi yang ini agar aplikasi a2sd darktremor dapat berjalan dengan mulus.
4. Download dtapps2sd-2753-beta04-signed. dan copy ke sd card (/sdcard). Setelah itu masuk ke mode CWM Recovery lagi, pilih mount & storage > mount system dan mount data. Kemudian pilih install from sd card > choose from sd card > dtapps2sd-2.7.5.3-beta04-signed.zip > Yes. Setelah itu pilih reboot now.
5. Gak usah kaget gara-gara hape android reboot selama 2 kali, karena ini wajar yang disebabkan oleh apps mengalami pemindahan ke partisi ext4.
Hehehe, lumayan panjang kan…??? Itu baru setengah perjalanan, sekarang kita lanjut untuk memindahkan dalvik cache. Tenang aja, udah gak pake CWM lagi kok :p.
1. Download a2sd gui Darktremor dari market dan buka aplikasinya.
2. Pada tab apps2sd, aktifkan ketika pilihan di bawah ini :

3. Pindah ke tab dalvik, pilih Dalvik Cache on SD-EXT dan pilih move (bukan move and rebuilt). Tunggu beberapa saat, aplikasi yang sudah terinstall akan berpindah ke partisi ext. Hape akan mengalami reboot.
4. Setelah hidup kembali, download aplikasi move2sd enabler dari market, fungsi dari aplikasi ini ialah untuk mengaktifkan tombole move to SDCard di pengaturan aplikasi. Untuk mengetahui cara penggunaannya, silahkan baca postingan saya tentang tutorial move2sd enabler.
5. Sekarang, coba masuk ke Setting > Applications > Manage Applications. Jreeeenggg, memori internal sudah sangat-sangat lega, dan gak perlu khawatir lagi untuk menginstall aplikasi dalam jumlah banyak. Saya sempatkan juga melakukan testing benchmark dengan Quadrant Benchmark, hasilnya lumayan lah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar